Home > Article > Ngomongin Blog dan Jurnalisme

Ngomongin Blog dan Jurnalisme

Sebelum ngadain seminar di kampus tentang Blog dan keterkaitannya dalam dunia jurnalisme,.Saia masih bingung dengan hubungan antar keduanya..Apakah saling berkaitan antar keduanya?? Bisakah blog dikategorikan dalam dunia jurnalisme?? dan muncul juga pertanyaan dlm benak saia mungkinkah Blog ini bakal mengancam Jurnalistik Konvensional..??
Tapi..setelah ngadain dan ngikutin seminar yang menghadirkan Budi Putra sebagai pembicaranya,,,,yahh..masih aja tetep bingung ama kedua mahluk tuh yang namanya Blog Dan Jurnalisme   ;))

Makanya saia sedikit menulis tentang Blog yang cukup fenomenal dan relasinya dengan Dunia Jurnalisme..

Jurnalisme
Journalism is a discipline of collecting, verifying, reporting and analyzing information gathered regarding current events, including trends, issues and people. (Wikipedia)
Jurnalisme itu gak lepas dari pengumpulan berita,penulisan, penyuntingan dan penyampaian berita kepada khalayak umum lewat media berupa surat kabar,majalah atau media elektronik.
Banyak Jurnalis yang melalui berbagai macam pendidikan,memakan biaya yang tidak sedikit dan melewati seleksi yang ketat.dalam kode etik Jurnalisme kita harus mengikuti prinsip dasar dalam pencarian berita yaitu 5W+1H. Sehingga dalam proses jurnalistik, para jurnalis harus benar-benar sejalan dengan prinsip-prinsip jurnalisme, tidak asal tulis, harus melalui jalur editorial yang ketat, sebelum akhirnya bisa dilepas atau diterbitkan ke publik.
Karena itulah di jaman teknologi yang sangat pesat seperti sekarang ini banyak jurnalis yang tidak gampang dalam mengiyakan bahwa Blog bisa dimasukkan dalam keluarga besar Jurnalisme…
Jurnalis : “Tidak bisa! Enak aja.. Emang jurnalisme itu pekerjaan mudah! Saya sekolah bertahun-tahun untuk jadi jurnalis dan sekarang blog membuat semua orang bisa berlagak jadi jurnalis! Huh!!”
Kita ganti topik, kini kita membahas Blog
Istilah blog berasal dari dua kata: web (internet) dan log (catatan atau jurnal) yang digabung menjadi weblog namun kemudian lebih populer disebut blog. Jadi secara mudah, blog adalah catatan atau jurnal dalam bentuk situs web di internet. Apa artinya ? Artinya siapa saja bisa memiliki tempat untuk bersuara di internet, untuk berbagai kepentingan,kita bisa mencatat kegiatan sehari-hari kita,Curahan hati kita bahkan kita bisa mempromosikan produk kita atau lebih gampangnya kita bisa berbisnis lewat blog. Dan kalau disebut siapa saja, artinya kita tak perlu lagi menjadi seorang programmer atau pakar untuk bisa membuat website. Cukup dengan akses internet kita bisa sudah bisa punya blog, dan yang lebih menyenangkan lagi, semua itu bisa dilakukan secara gratis!!!Memang..Menurut saia Semua orang masa kini sudah berpotensi menjadi jurnalis walopun tidak melalui pendidikan yang memakan waktu lama dan biaya yang banyak,.Terserah kita mau jadi jurnalis blog yang akan menjadikan content dari blog kita itu apa? Mau dijadikan catatan harian atau tempat curhat? Tempat menyimpan kumpulan cerpen atau puisi? Tempat cerita tentang tokoh idola? Menyimpan koleksi fotografi? Semua bisa!
Blogger  : “Lho kenapa tidak? Medianya kan sudah ada! Tinggal bikin liputan, wawancara orang, tambahkan foto, pasang di blog. Beres!! Nggak beda dengan detik.com kan? Kartu pers? Bikin sendiri aja. Toh kita bukan wartawan tanpa media. Kita punya media. Namanya blog! Ijin terbit? Emang jaman Orba?”

Blog dan Jurnalisme
Sekarang kita membahas relasi antara keduanya..Banyak perbedaan anatara keduanya,tapi saia lihat dari perbedaan itulah blog dan jurnalisme bisa saling menguatkan satu sama lain karena kekuatan dan keunikannya masing-masing.Saia berpendapat para jurnalis itu terlalu dikekang dan terhimpit dengan
adanya Kode etik Jurnalistik, tapi dengan adanya kode etik itulah jurnalisme lahir pada sekitar pada abad 18 dan dapat eksis sampai sekarang dan masih jadi bahan kebutuhan manusia.
Pada dunia Blog ini mengutamakan kebebasan berekspresi,tanpa adanya kode etik internet atau kode etik blog yang mengatur itu semua. Tapi saia percaya bahwa di dunia maya ini juga ada sebuah etika,karena didalam dunia maya itu kita juga berinteraksi dan berhubungan dengan banyak orang.Dan kalau sudah melibatkan hubungan dengan orang lain, maka tentu saja ada prinsip-prinsip, ada aturan-aturan tak tertulis, aturan sosial yang membuat hubungan antar manusia jadi bisa terus berjalan dengan baik.
Adalah hak seseorang untuk membuat blog dengan cara apapun, tapi tidak semua orang menyadari bahwa apa yang mereka buat itu bisa dibaca dan diakses oleh orang lain padahal itu bisa menimbulkan macam-macam dampak.
Itulah sebabnya saya tidak setuju kalau blog disebut sebagai media personal. Blog adalah media publik!
Jadi Haruskah Blog mengikuti Kaidah Jurnalisme?Itu tergantung kepada kita para blogger. Apakah isi Blog kita bermanfaat untuk orang lain?kalo begitu ya bisa saja jadi Sebuah bentuk Jurnalisme karena kita juga turut memperkaya khazanah pengetahuan di dunia internet.
Tapi kalo masalah para jurnalis yang tidak mengiyakan Blog itu jadi bahan jurnalisme??
masalah yang satu ini sering jadi perdebatan. Semua orang pasti memiliki subyektifitas tersendiri, walaupun dia wartawan. Memang benar! ‘Tidak ada wartawan yang tak retak’, tidak ada blogger yang tak obyektif. Harus diakui.
Dan dimana muara dari semua prinsip itu?
Sekarang tanyakan pada diri kita sendiri, sudahkan kita menerapkan prinsip jurnalisme itu dalam blogging?? Bisa jadi secara tak sadar kita sudah melakukannya,….

Categories: Article
  1. aLe
    January 12, 2008 at 12:16 am

    Suit suittt…😉
    ayo tetep semangat ngeblog,
    banyakin maen2 ke bLog teman2
    dan jgn lupa tinggalkan komentar atau pesan di shoutbox
    biar blog ini semakin ramai😉

  2. January 12, 2008 at 8:22 pm

    yo….
    salam kenal ya..

    pasang shoutmix (shoutbox) dong. liat aja di situsnya. mudah banget kok.

  3. January 13, 2008 at 12:30 am

    Okeh…okeh kalo githu salamin aja ke Imah….
    Salamat datang di dunia Go Blog yah…

  4. January 14, 2008 at 1:17 pm

    eh bagus nih postingnya, masukin di bloggerngalam.com yak😀

  5. February 8, 2008 at 12:46 pm

    Yup anda memang betul! Jurnalisme terkadang memang njlimet ketika kita nulis di majalah, tapi di blogt lain lagi kita bisa lebih leluasa. oya posting tulisan anda di blog saya (kurniawan6883.blogspot.com) ya. coz isinya bagus banget.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: